11 June, 2018

Ben payu piye carane

           Pemasaran secara umum bermakna  sosial yang dilakukan individu maupun  kelompok guna mendapatkan apa yang dibutuhkan baik dengan cara menciptakan maupun menawarkan antar pihak melalui transaksi ekonomi dimana produk di nilai oleh satu satu pihak lain.

            Pemasaran sendiri berarti suatu sistem keseluruhan dari kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menetukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.

         Pengertian pemasaran dari kedua pendapat diatas menerangkan bahwa kegiatan pemasaran mencakup ruang lingkup kegiatan yang sangat luas yang dimulai dari menetukan kebutuhan konsumen dan diakhiri dengan kepuasan konsumen. Dengan kata lain kegiatan pemasaran bermula dan berakhir pada konsumen.

         Pemasaran mempunyai fungsi yang amat penting dalam mencapai kemajuan suatu perusahaan. Dalam mencapai keberhasilan pemasaran, setiap perusahaan perlu menyusun strategi pemasaran yang efektif dengan mengkombinasikan elemen – elemen dalam pemasaran. Dalam  pemasaran terdapat variabel – variabel yang saling mendukung satu dengan yang lainnya yang kemudian oleh perusahaan digabungkan untuk memperoleh tanggapan – tanggapan yang diinginkan didalam pasar.

     Point dalam perusahaan dapat mempengaruhi permintaan akan produknya adalah Strategi pemasaran, dengan pemasaran akan memerlukan keputusan – keputusan dari manajemen tentang bagian - bagian  marketing perusahaan yaitu keputusan – keputusan di bidang perencanaan produk, penetapan harga, saluran distribusi serta promosi. Marketing  secara variabel adalah kombinasi dari empat point  yaitu produk, struktur harga, kegiatan promosi, dan sistem distribusi

         Keempat unsur pemasaran tersebut saling berhubungan dan berpengaruh satu sama lain yang tidak dapat dipsahkan, dari situlah harus diupayakan untuk menghasilkan suatu kebijakan yang mengarah kepada layanan efektif dan kepuasan konsumen. Jadi didalam pemasaran terdapat variabel – variabel yang saling mendukung satu dengan yang lainnya, yang kemudian oleh perusahaan digabungkan untuk memperoleh tanggapan – tanggapan yang diinginkan didalam pasar sasaran.

Dengan perangkat tersebut perusahaan dapat mempengaruhi permintaan akan produknya, yaitu :
1. produk
         adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan untuk suatu kebutuhan dan keinginan. Produk merupakan suatu hal yang komplek, yang menyangkut kemasan, warna, bentuk mapun kegunaan nya. Berdasarkan kesimpulan  diatas dapat disimpulkan bahwa produk diperlukan untuk mempertemukan hasil perusahaan dengan permintaan yang ada agar produk yang diperlukan oleh konsumen memberikan kepuasan pada konsumen dan sekaligus menguntungkan perusahaan.

2. Harga
        Suatu nilai yang ditentukan berdasarkan kepentingan dan kebutuhan publik. Dalam hal ini terkadang berbanding lurus antara permintaan dengan kebutuhan sehingga variabel ini tidak bisa baku tergantung dari pada keadaan khalayak atau publik

3. Promosi
        adalah informasi satu arah yang dibuat dari perusahaan guna bertujuan untuk mengenalkan produk tersebut untuk dapoat diterima. Tujuan utama promosi adalah menginformasikan, mempengaruhi, dan membujuk serta mengingatkan customer minimal berkeinginan untuk mencoba produk itu sendiri.

Dengan memperhatikan hal diatas maka dibutuhkan persiapan ataupun sarana promosi agar apa yang diinginkan perusahaan dapat memenuhi sasaran dan efisien. Ada beberapa Sarana promosi dapat berupa :
a. Iklan
        Sebuah bentuk visual melalui media yang menjukkan suatu produk  guna menciptakan rasa penasaran, berkeinginan mencoba produk tersebut
b. Promosi Penjualan Insentif
           jangka pendek untuk merangsang pembelian atau penjualan suatu produk.  
c. Publisitas
         Suatu bentuk  labar melalui berita – berita komersial yang penting mengenai kebutuhan akan produk tertentu disuatu media yang disebarluaskan atau menghasilkan suatu sosok kehadiran yang menarik mengenai produk itu di radio, televisi, atau panggung.
d. Penjualan Pribadi
          Penyajian lisan dalam suatu pembicaran dengan satu atau beberapa pembeli potensial dengan tujuan untuk melakukan penjualan

4. Distribusi 
          sering disebut saluran perdagangan atau saluran pemasaran. saluran merupakan suatu struktur unit organisasi dalam perusahaan dan luar perusahaan yang terdiri atas agen, dealer, pedagang besar, dan pengecer melalui nama sebuah komoditi produk atau jasa dipasarkan. Perantara pemasaran merupakan lembaga atau individu – individu yang menjalankan kegiatan khusus dibidang distribusi, yaitu perantara pedagang dan perantara agen.

           Demikian beberapa point dalam dunia pemasaran yang secara teori umum bisa menjadikan wacana awal dalam mendirikan suatu usaha, mungkin kiran nya hanya sebagian kecil pengetahuan yang bisa di jadikan landasan dasar untu mengawali suatu usaha.

0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by MAHESA 11 © 2011 | website by GOGHA1SOLUSI - VIEW PAGE ON GOGHA1SOLUSI | CHESS79 © 2011